BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Cari Blog Ini

About Me

Foto saya
----------------------------------> tu musik bagus lo,isix menantang pemerintah yang korup,btw kalo LO2 baca ni Blog JNG lupa D tulis komentae u y,
Powered By Blogger

Selasa, 08 September 2009

GLOBAL WARMING

Pemanasan global dan akibat buruknya terhadap alam dan dunia sudah menjadi kenyataan yang harus kita sikapi dengan tindakan aktif secara bersama-sama. Mari kita mulai komitmen dalam diri kita sendiri dan melakukan hal – hal kecil sehari-hari yang dapat memberikan kontribusi besar untuk bumi yang kita sayangi.
MULAI DARI DIRI SENDIRI
A. Beli Produk Lokal
Dengan membeli produk lokal dapat mengurangi jumlah emisi CO2 sebesar 625 kg/tahun yang diakibatkan proses pengiriman produk import.
Contohnya :
1. Mengkonsumsi makanan hasil budidaya lokal dan organik
2. Mengkonsumsi buah-buahan sesuai musimnya.
B. Kurangi Konsumsi Daging
Dengan mengkonsumsi sayuran dan mengurangi daging ½ kg per minggu selain lebih sehat kita juga dapat mengurangi jumlah emisi CO2 yang digunakan untuk industri pengolahan daging sapi sebanyak 248 kg/tahun.
C. Trik & Tips Berbelanja
1. Jangan membeli barang yang tidak dibutuhkan.
2. Beli barang-barang dalam ukuran besar, untuk mengurangi jumlah kemasan.
3. Lebih baik membeli barang dengan kualitas bagus daripada kualitas rendah tapi harus sering    diganti.
Fakta :Jumlah emisi CO2 yang dapat dicegah jika kita membeli 15% dari barang-barang konsumsi dalam jumlah besar adalah 614 kg/tahun.
1. Gunakan tas kain untuk berbelanja.
2. Pilih benda-benda yang dapat diisi ulang seperti : baterai, tinta printer
3. Hindari penggunaan peralatan makan dari kertas dan plastik
4.Selalu gunakan serbet, saputangan dan lap dari kain.
5.Gunakan kembali kantong plastik belanja untuk pelapis tong sampah.
Fakta :Jumlah emisi CO2 yang dapat dicegah jika kita menggunakan serbet kain daripada serbet kertas adalah 97 kg/tahun.
MULAI DARI RUMAH KITA
A. Hemat energi
1. Ganti bola lampu biasa dengan bola lampu hemat energi (Compact Fluorescent Light Bulb).
2. Pasang saklar peredup dan Matikan lampu bila tidak digunakan
3. Warnai tembok anda dengan cat berwarna terang.
4. Matikan lampu dan buka tirai jendela di siang hari.
5. Cabut kabel peralatan elektronik dari stop kontak pada saat tidak digunakan.
6. Gunakan kabel ekstensi yang bisa dimatikan pada saat tidak digunakan.
Fakta :Jumlah emisi CO2 yang bisa dicegah jika kita mengganti 4 lampu biasa dengan lampu hemat energi (CFL) adalah 326 kg/tahun.
Fakta :Jumlah emisi CO2 yang bisa dicegah jika hanya memasang steker pemutar DVD dan pemutar musik ketika akan digunakan adalah sebesar 106 kg/tahun.
B. Pilih Peralatan Yang Hemat Energi
1. Belilah peralatan yang memiliki logo ”Energy Star” untuk menghemat energi, contoh untuk kulkas, ac dan microwave anda.
Fakta : Jumlah emisi CO2 yang dapat dicegah bila kita memperbaharui kulkas lama dengan kulkas baru berlogo ”Energy Star” adalah sebesar 674 kg/tahun.
C. Kelola Sampah Kita
1. Ubah sampah organik menjadi kompos.
2. Daur ulang sampah kertas (surat kabar, kardus, majalah, kotak jus dan susu, dll), sampah kaca (botol dan toples), sampah baja dan aluminium (kaleng makanan dan minuman) dan sampah plastik (botol, kantong plastik dan lain-lain).
Fakta : Jumlah emisi CO2 yang dapat dicegah jika kita mengurangi 25% produksi sampah dengan mengubahnya menjadi kompos adalah 472 kg/tahun.
D. Menanam Pohon
1. Mulai tanam pohon di pekarangan rumah
2. Beri campuran materi organik, seperti kulit pohon, serpihan kayu, daun kering dan kompos di sekeliling batang pohon/tanaman di tanah.
3. Biarkan sisa potongan rumput tersebar di halaman Anda, daripada mengumpulkannya dalam kantong untuk dibuang.
Fakta : Jumlah emisi CO2 yang dapat dicegah dengan membiarkan sisa potongan rumput di halaman, sehingga mengurangi penggunaan pupuk dan air adalah 26 kg/tahun.
MOBILITAS DI LUAR RUMAH
1. Gunakan kendaraan tanpa emisi seperti sepeda dan becak, atau berjalan kaki.
2. Gunakan sarana transportasi publik atau umum.
3. Maksimalkan kapasitas penumpang di kendaraan kita.
Fakta : Jumlah emisi CO2 yang dapat dicegah bila satu kali dalam seminggu kita bepergian bersama orang lain menggunakan satu kendaraan saja adalah 246 kg/tahun.
Fakta : Jumlah emisi CO2 yang dapat dicegah jika 3 kali dalam sebulan menggunakan sepeda daripada kendaraan bermotor untuk menempuh jarak 12,8 km adalah 131 kg/tahun.
HEMAT ENERGI DI TEMPAT KERJA
A. Kurangi Penggunaan Kertas
1. Gunakan kertas yang bebas klorin dan bisa didaur ulang.
2. Gunakan kedua sisi kertas, amplop dan kantong bekas untuk keperluan lain.
3. Gunakan dan simpan dokumen dalam bentuk softcopy.
4. Gunakan e-mail atau faksimili melalui komputer.
5. Hindari penggunaan lembar pengantar untuk fax.
Fakta : Jumlah emisi CO2 yang dapat dicegah jika kita mendaur ulang 100 kg kertas daripada membuangnya adalah sebesar 600 kg/tahun.
SEKILAS MEDCO FOUNDATION
Medco Foundation didirikan pada tahun 2007 yang merupakan pengembangan dari berdirinya Yayasan Pendidikan Medco pada tahun 2003. Saat itu kami mengelola tiga institusi pendidikan, yaitu Lembaga Pendidikan “Avicenna” Tanjung Barat, Jakarta Selatan; Al-Azhar Pamulang, Jakarta Selatan; dan Labschool Cinere, Jakarta Selatan. Sebagai yayasan, kami tidak berorientasi bisnis melainkan non-profit dan bertujuan membantu memperbaiki manajemen beberapa sekolah agar menjadi lembaga pendidikan yang mandiri, kompetitif dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.
Setelah menjadi Medco Foundation, peranan dan tanggung jawab kami semakin besar dan nyata sebagai partner strategis dan efektif untuk mewujudkan Corporate Social Responsibility (CSR) Medco Group. Melalui berbagai perencanaan dan pelaksanaan program Community Development, kami dengan sepenuh hati mewujudkan perbaikan kualitas hidup masyarakat di daerah eksplorasi anak perusahaan Medco Group.
Kegiatan yang kami lakukan meliputi pengembangan di bidang pendidikan dan kebudayaan; sosial dan ekonomi; kesehatan dan lingkungan serta melaksanakan special program lainnya. Semua ini kami lakukan dengan terlebih dahulu melakukan proses research dan perencanaan yang matang untuk mengetahui kebutuhan masyarakat dan potensi sumber daya manusia di daerah yang kami tuju agar dapat diberi bantuan secara tepat dan diberdayakan potensinya sehingga dapat mandiri secara berkelanjutan. Dengan demikian keberadaan setiap anak perusahaan Medco Group memberikan manfaat bagi penduduk di sekitarnya berupa kesempatan kerja maupun kegiatan lain yang memberikan nilai tambah agar menjadi masyarakat yang lebih maju dan sejahtera.
Tentu saja, pelaksanaan Corporate Social Responsibility Medco Group ini akan berjalan lancar dan lebih baik apabila didukung oleh kegiatan dan tanggung jawab bersama secara menyeluruh yang meliputi perusahaan, pemerintah serta partisipasi masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar